Selasa, 29 April 2014

RESENSI



Judul : Membongkar Kesesatan Black Metal
Penulis : Ann Wan Seng
Tahun : 2007
Penerbit : MQ Publishing
Tebal Buku : 202 Halaman
kota : Bandung
Jenis : Non Fiksi

Buku ini membahas mengenai isu Black Metal yang belakangan ini sempat menjadi perbincangan, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui secara mendalam tentang kumpulan tersebut. Kumpulan Black Metal yang selama ini dikenal adalah sekumpulan remaja dan pelajar yang antusias memainkan jenis musik yang beraliran metal dan underground.

Para pengikutnya berpakaian serba hitam dan mengamalkan beberapa upacara ritual rahasia yang bertentangan dengan ajaran agama dan norma masyarakat. Kontroversi mengenai Black Metal muncul ketika media massa memublikasikan tindakan para pengikutnya yang mengoyak dan menginjak-injak Al-Quran. Buku ini berusaha membongkar rahasia mengenai Black Metal dan pemuja setan lain yang dapat merusak moral generasi muda. Tujuan akhirnya adalah melahirkan manusia yang tidak percaya pada agama dan menentang segala etika yang berlaku dalam masyarakat.

Banyak contoh pelopor pemuja setan yang dibahas dalam buku ini, seperti Charles Manson, Anton Szandor La Vey, dan Jim Jones. Selain itu buku ini juga membahas jenis-jenis setan yang dipuja oleh kalangan Black Metal, seperti Setan Lucifer dan Setan Baphomet. Pada bab terakhir buku ini mengkaji aliran-aliran musik metal lainnya yang merupakan cabang dari Black Metal, seperti Red Metal, Pink Metal, dan Trash Metal.

Kelebihan
Buku ini memiliki sangat menarik untuk dibaca karena materi yang dibahas oleh penulis sangat mendalam dan lengkap yang dikumpulkan dari berbagai sumber terpercaya. Sisi unik buku ini terletak pada penempatan gambar-gambar ilustrasi tentang Black Metal dan Pemuja Setan yang menarik untuk dilihat. Hal ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi pembaca yang gemar melihat gaya musik Black Metal dan suka melihat ilustrasi tentang pemuja setan yang cukup unik untuk dilihat.

Kekurangan
Namun buku ini memiliki sedikit kekurangan yaitu sudut pandang penulis yang terlalu subjektif menghina musik Black Metal dan memojokkan jenis-jenis musik metal lainnya. Hal ini dapat membuat orang yang sama sekali tidak mengerti tentang musik Black Metal langsung menjadi pembenci aliran metal. Selain itu, buku ini juga banyak mendapatkan kritik dari berbagai pihak karena terlalu memaksakan bahasan mengenai perbandingan aliran Black Metal dengan isi Al-Quran, karena dinilai aliran Black Metal adalah aliran yang menentang ajaran Kristen bukan ajaran Islam.



Buku ini merupakan buku yang sangat dalam membahas tentang aliran Black Metal. Buku ini juga membahas perbandingan antara aliran Black Metal yang kental dengan ritual pemujaan setan yang berlawanan dengan ajaran agama Islam. Buku berjudul Membongkar Kesesatan Black Metal karangan Ann Wang Seng ini cocok dibaca oleh masyarakat yang ingin tahu tentang aliran Black Metal lebih dalam dan orang-orang yang menyukai aliran musik Black Metal namun belum mengerti aliran Black Metal yang sebenarnya juga bagi mereka yang ingin memahami hubungan antara aliran Black Metal dan aliran pemuja setan. Jadi buku ini adalah buku yang patut dimiliki jika Anda benar-benar ingin mengetahui sisi tergelap dari aliran Black Metal.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar