KOMUNIKASI & KEPEMIMPINAN DALAM
ORGANISASI
Pengertian Komunikasi
Organisasi
Organisasi adalah suatu kumpulan
atau sistem individual yang berhierarki secara jenjang dan memiliki sistem
pembagian tugas untuk mencapai tujuan tertentu
DeVito (1997:337), menjelaskan
organisasi sebagai suatu kelompok individu yang diorganisasi untuk mencapai
tujuan tertentu
Kepemimpinan Dalam Organisasi
Pemimpin dan Kepemimpinan merupakan
suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun
fungsional. Banyak muncul pengertian-pengertian mengenai pemimpin dan
kepemimpinan, antara lain :
1. Pemimpin adalah figur
sentral yang mempersatukan kelompok (1942)
2. Kepemimpinan adalah
keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses
mengontrol gejala-gejala sosial
3. Brown (1936) berpendapat
bahwa pemimpin tidak dapat dipisahkan dari kelompok, akan tetapi boleh
dipandang sebagai suatu posisi dengan potensi tinggi di lapangan. Dalam hal
sama, Krech dan Crutchfield memandang bahwa dengan kebaikan dari posisinya yang
khusus dalam kelompok ia berperan sebagai agen primer untuk penentuan struktur
kelompok, suasana kelompok, tujuan kelompok, ideologi kelompok, dan aktivitas
kelompok.
4. Kepemimpinan sebagai
suatu kemampuan meng-handel orang lain untuk memperoleh hasil yang maksimal
dengan friksi sesedikit mungkin dan kerja sama yang besar, kepemimpinan
merupakan kekuatan semangat/moral yang kreatif dan terarah.
5. Pemimpin adalah individu
yang memiliki program/rencana dan bersama anggota kelompok bergerak untuk
mencapai tujuan dengan cara yang pasti.
http://permenkared.multiply.com/journal/item/3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar